Digital Entrepreneurship

 

Saat ini dunia tengah memasuki area industri 4.0, sebuah era dimana teknologi mengambil peran hampir seluruh aktivitas perekonomian. Revolusi industri 4.0 bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan penghematan biaya operasional. Agar tidak tergerus oleh perubahan kita harus mengubahnya menjadi peluang, para pelaku usaha harus siap bertransformasi ke era digital.

Wirausaha digital adalah upaya pemanfaatan teknologi informasi dan bisnis yang semakin banyak di geluti oleh masyarakat. Saat ini banyak bermunculan start-up yang berbasis digital hingga online shop yang semakin menjamur dan memberikan beragam pilihan kepada masyarakat.

Seperti yang dijelaskan dalam video berjudul Wirausaha Digital itu Keren! #1 dan Wirausaha Digital itu Keren! #2, dalam channel youtube Dedi Purwana menjelaskan bahwa saat ini bisnis digital telah menjadi sebuah tren usaha yang sangat menggiurkan. Salah satu faktor mengapa bisnis digital menjadi tren usaha adalah meningkatnya penggunaan internet dan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone adalah alasan mengapa bisnis ini memiliki peluang yang baik. Bukan hanya itu, bisnis digital juga menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan ide dan kreativitas menjadi sebuah peluang usaha. Seperti yang kita lihat di pada video Digital Entrepreneurship dalam channel Youtube Dedi Purwana, bisnis digital mempunyai beberapa pola yang dapat di terapkan dalam melakukan bisnis seperti yang dilakukan oleh Indoguna Food Supply Chain Management. Menurut perusahaan Indoguna Food Supply Chain Management posisi yang harus di perhatikan dan sangat penting di dalam perusahaan adalah Distributor Network. Perusahaan Indoguna Food Supply Management juga  mempunyai cabang atau perusahaan yang terafiliasi di berbagai propinsi di seluruh Indonesia. Dan di dalam perusahaan Indoguna ini terdapat 3 prinsip kerja yang di terapkan yaitu Food Safety, Food Quality, dan Sustainability. Food safety menerapkan bagaimana keamanan pangan kemudian kualitas pangan sehingga kesinambungan pangan tetap terjaga. Untuk mendapat daya saing yang kuat dalam berbisnis terdapat 5 strategi bisnis yang perlu di kuasai dalam teknologi. Pertama, keunggulan bersaing dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Kedua, yaitu Omnichannel, yang artinya menghubungkan dunia offline dengan dunia online, dengan adanya marketplace dapat menjadi perantara pengusaha dengan konsumen. Ketiga, Big Data untuk mendukung transaksi bisnis, membuat data warehouse untuk pengambilan data, diperlukannya SAP Business one. Dengan mengoperasikan SAP Business one unutk mengolah supply chain, sehingga menghasilkan big data yang dapat digunakan untuk memprediksi peluang kedepan. Keempat, Cybersecurity sangat penting karena digunakan untuk melindungi informasi bisnis perusahaan. Jika perusahaan tidak mempunyai Cybersecurity yang kuat, sangat riskan untuk terhapusnya data dan ancaman pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kelima, Digital Capability digunakan untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital.

Menurut hasil penelitian dari IDC worldwide pada tahun 2015  untuk masuk ke dunia digital ada empat hal yang harus diperhatikan, Pertama yaitu mobile internet yang digunakan untuk mengetahui berapa pengguna internet mobil di Indonesia dari tahun ke tahun. Kedua, Cloud technology karena jika tidak menggunakan cloud technology sangat sulit untuk mengontrol perusahaan-perusahaan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Ketiga, Internet of things dapat digunakan untuk memantau sudah sampai mana produk dalam perjalanan seperti yang digunakan oleh perusahaan ekspedisi seperti JNE dan JNT. Keempat, adalah Big data dan Advance analytics.

Dari data perbandingan 2014 dan 2015 membuktikan bahwa revolusi digital telah sampai di Indonesia, lalu ada perkembangan pengguna sosial media di Indonesia. Pengguna media sosial seperti Twitter dan Facebook di Indonesia bahkan jauh melampaui pengguna dari Amerika Serikat dan pengguna aplikasi belanja online di Indonesia juga meningkat dari tahun ke tahun. Lalu apa prospek mahasiswa untuk menjadi digital entrepreneur? yaitu creating the future from di future artinya mahasiswa harus membuat masa depan untuk masa depan, disini mahasiswa dituntut untuk menggambarkan atau memikirkan tentang masa depan mereka agar dengan mudah mewujudkanya. Di Indonesia banyak sekali sektor usaha seperti pabrik, pertambangan, retail, pertanian diharapkan agar memanfaatkan teknologi informasi untuk memberi dampak positif kepada sektor usaha yang juga bergerak untuk memajukan perekonomian di Indonesia.

Untuk bisa sukses di bidang wirausaha digital terdapat indikator-indikator yang perlu dicapai. Pertama adalah target finansial, bagaimana cara mencapai nya yaitu kita harus tau siapa target yang akan membeli produk yang telah dibuat dan juga bagaimana cara mencari pelanggan baru yaitu bisa dengan menyebarkan brosur, brosur digital, pamflet, pamflet digital, sharing info dengan media sosial, dan masih banyak lagi yang bisa lakukan supaya pembeli tahu apa produk yang di produksi. Setelah mereka masuk menjadi pelanggan kita bagaimana agar pelanggan tersebut loyal terhadap kita bisa dengan memberikan bonus-bonus.

Bagaimana cara agar memenuhi target finansial ada dua model, pertama model growth yaitu mengembangkan diri atau produktif, aset biaya dan aset produktif ini adalah produktifitas. Supaya mencapai target finansial ini berarti konsumen kita harus puas, agar pelanggan puas proses internal apa yang harus di kerjakan, siapa yang akan mengerjakan Standard Operating Procedure yang telah di buat di proses internal. Kita sebagai wirusahawan walaupun Solo Planner pasti memiliki target finansial, disaat kita memikirkan berapa keuntungan yang akan di dapat pasti kita akan berpikir tentang produk apa yang akan di produksi untuk mencapai keuntungan tersebut. Beberapa hal terpenting yang berkaitan dengan produk yang akan di produksi adalah berapa harga yang yang kita patokan pada produk yang kita produksi, bagaimana kualitas produksi, apakah produk yang kita produksi akan menjadi pilihan pembeli, apakah fungsi dari produk yang kita produksi. Berikutnya, hal yang sangat wajib di miliki seorang wirausahawan adalah pelayanan. Bagaimana pelayanan yang harus kita berikan kepada pelanggan yang loyal supaya mau menjadi mitra kerja dengan usaha kita. Terakhir yang perlu di perhatikan yaitu citra. Kita harus memilih secara hati-hati dalam pemilihan nama supaya citra kita bisa meningkat dan menciptakan brand yang baik.

Kompetensi yang harus di miliki wirausahawan agar sukses dalam berwirausaha Pertama, yaitu Komunikasi, komunikasi yang baik merupakan keterampilan paling penting untuk wirausahawan karena mereka harus mampu menjelaskan ide, dan juga melakukan promosi kepada para investor maupun pelanggan. Kedua, yaitu Finansial seorang wirausahawan harus pintar dalam mengatur arus keuangan. Ketiga, yaitu Citra sebagai wirausahawan harus memiliki citra yang baik. Keempat, yaitu Marketing seorang wirausawahan harus memahami ilmu pemasaran untuk memasarkan produk yang di jual. Kelima, yaitu Networking seorang wirausahawan harus memiliki networking yang luas. Keenam, yaitu Design setiap produk sangat membutuhkan desain untuk membedakan produk yang dijual oleh perusahaan lain. Desain bukan hanya tampilan saja tetapi juga fungsinya sebagai identitas. Ketujuh, yaitu Analytics belajar menganalisis sangat penting bagi wirausahawan karena untuk membuat keputusan harus berdasarkan data bukan firasat atau intuisi. Kedelapan, yaitu Technical wirausahawan setidaknya tau dasar-dasar pemrograman. Kesembilan, yaitu Learning keterampilan learning akan sangat membantu wirausahawan untuk meningkatkan kierja perusahaan. Kesepuluh adalah Automation, automation adalah kegiatan yang dilakukan berulang kali yang bertujuan untuk mengurangi produktivitas para wirausaha dengan memanfaatkan teknologi digital.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film Cruella: Salah Satu Film Paling Menghibur Tahun Ini

Apa itu Digital Marketing?